Sabtu, 25 Juli 2015

7 Masjid Terbesar di Dunia

Sharing ukuran, ornamen juga penampakan menarik dari Masjid di semua dunia, bakal kita dapatkan 7 diantaranya mempunyai ukuran yg teramat luas & gede. Masjid-masjid tersebut bisa menampung jamaah berjumlah beberapa ratus ribu bahkan mencapai sampai jutaan.

diluar itu, nilai sejarah dari ke-7 Masjid tersebut mempunyai nilai yg teramat tinggi. Berikut yaitu ulasan 7 Masjid paling besar di Dunia :


7. Masjid Badshahi di Lahoredi, Pakistan


Masjid Badshahi di Pakistan

Masjid Badshahi atau “Masjid Kaisar” di Lahore ialah masjid paling besar ke-2 di Pakistan & di Asia Selatan & ialah masjid ke lima paling besar di dunia. Sanggup menampung 10,000 jamaah di tempat shalat penting & 100,000 di halaman & serambi, masjid tersebut yakni masjid tersbesar didunia tatkala kurun dikala 313 th(1673-1986) sebelum hasilnya di kalahkan dalam ukuran oleh Masjid Faisal di Islamabad.


6. Masjid Faisal di Islamabad, Pakistan


Masjid Faisal di Islamabad, Pakistan

Masjid Faisal di Islamabad ialah masjid paling besar di Pakistan & Asia Selatan & masjid paling besar keenam di dunia. Ini ialah masjid paling besar di dunia sejak thn 1986-1993 waktu dikalahkan dalam ukuran sesudah penyelesaian Masjid Hassan II di Casablanca, Maroko. Perluasan seterusnya dari Masjidil Haram (Grand Mosque) di Mekah & Masjid Nabawi (Mesjid Nabi) di Madinah, Arab Saudi selagi th 1990-an menjadikan Masjid Faisal berada diurutan keempat dalam aspek ukuran.

Masjid Faisal yaitu Masjid Nasional Pakistan. Masjid ini mempunyai daerah tertutup 5.000 m2 (54.000 sq ft) & mempunyai kapasitas utk menampung lebih kurang 300.000 jamaah (100.000 dalam tempat shalat penting, halaman & portico & 200.000 yang lain di lahan sebelah).

Walaupun ditutupi lokasi shalat mutlak lebih mungil daripada yg dari Masjid Hassan II di Casablanca. Masjid Faisal mempunyai kapasitas paling besar ke-3 menampung jamaah dalam pekarangan sesudah Masjidil Haram (Grand Mosque) Mekkah, Masjid Nabawi (Mesjid Nabi) di Madinah. Masing-masing dari empat menara mesjid tingginya merupakan 80 meter (260 kaki) (ialah menara teratas di Asia Selatan) dgn diameter 10 meter.

Masjid Faisal ini diambili dari nama almarhum Raja Faisal Badan Intelijen Negara Abdul Aziz dari Arab Saudi, yg mensupport & membiayai proyek ini.


5. Masjid Hassan II di Casablanca


Masjid Hassan II di Casablanca

Masjid Hassan II yg terletak di Casablanca yaitu masjid paling besar di Maroko & masjid paling besar ke3 didunia sesudah Masjidil Haram (Grand Mosque) di Mekah & Masjid Nabawi (Masjid Nabi) di Madinah.

Didesain oleh arsitek Perancis Michel Pinseau & dibangun oleh Bouygues. Masjid Itu berdiri di satu buah tanjung menghadap ke samudra Atlantik, yg bisa dipandang lewat lantai kaca raksasa. Menara Masjid Hassan ialah yg teratas didunia mencapai 210 meter.

4. Masjid Istiqlal di Jakarta, Indonesia


Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid Istiqlal, atau Masjid Kemerdekaan di Jakarta, Indonesia adalah masjid paling besar di Asia Tenggara dalam factor kapasitas utk menampung beberapa orang. Tetapi dalam faktor struktur bangunan & luas tanah, Istiqlal ialah yg paling besar di Asia Tenggara.

Masjid nasional di Indonesia ini dibangun utk memperingati kemerdekaan Indonesia, sbg rasa syukur atas berkat rahmat Allah, kemerdekaan Indonesia tercapai. Oleh dikarenakan itu masjid nasional di Indonesia ini bernama “Istiqlal”, suatu kata dalam bahasa Arab utk “Kemerdekaan”.


3. Masjid Muhammad Ali Pasha di Cairo, Mesir


Masjid Muhammad Ali Pasha, Kairo, Mesir

Masjid Muhammad Ali Pasha atau Masjid Alabaster ialah satu buah Masjid yg terletak di dalam Benteng Kairo di Mesir & diperintahkan dibangun oleh Muhammad Ali Pasha antara 1830 & 1848.

Terletak di puncak benteng, Masjid Utsmani ini, dgn siluet animasi & dua menara kembar, yakni Masjid yg paling kelihatan di Kairo. Masjid ini dibangun utk mengenang Tusun Pasha, putra tertua Muhammad Ali, yg wafat terhadap 1816.

Masjid ini, dengan bersama benteng, yakni salah satu landmark & maksud wisata di Kairo & ialah salah satu feature perdana yg dapat tampak dikala jelang kota dari segi mana juga.


2. Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi


Masjid Nabawi, Madinah

Masjid Nabawi yg tidak jarang dinamakan Masjid Nabi, yaitu suatu Masjid yg terletak di kota Madinah. Juga Sebagai ruang peristirahatan terakhir dari Nabi Muhammad, dianggap sbg website tersuci ke-2 dalam Islam.

Salah satu feature yg paling ternama dari web ini merupakan Kubah Hijau di tengah-tengah masjid, lokasi makam Nabi Muhammad berada. Perihal ini tak ketahuan dgn tentu kapan dibangun kubah hijau tapi naskah menanggalkan kepada awal abad ke-12.

Faktor ini dikenal juga sebagai Kubah Hijau Nabi. Para penguasa Islam berikutnya menambah area & menghiasinya.

Masjid aslinya merupakan suatu bangunan terbuka. Gagasan basic bangunan sudah diadopsi dalam pembangunan Masjid lain di seluruhnya dunia. Masjid ini pula berfungsi juga sebagai pusat gerakan penduduk, pengadilan & satu buah sekolah agama.

1. Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi


Masjidil Haram, Mekah

Masjidil Haram atau Masjid Suci, yakni Masjid paling besar di dunia. Terletak di kota Mekah, Masjid tersebut mengelilingi Ka’bah, ruangan orang Muslim menghadap di disaat shalat sehari-hari & dianggap yang merupakan area tersuci di bumi oleh umat Islam. Masjid ini pun dikenal juga sebagai Masjid Besar.

Struktur kini mencakup ruang seluas 400.800 m persegi (99,nol hektar) termasuk juga luar & dalam tempat berdoa & bisa menampung hingga 4 juta jamaah sewaktu periode haji. 


0 komentar